Home » » Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa selain mempunyai nilai ibadah ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita yang melakukannya. Manfaat bagi kesehatan disini mari kita jadikan otomatis kita memperolehnya jika kita melakukannya. Maksudnya adalah janganlah kita berpuasa dengan niatan untuk selain pada-Nya. mis; pingin kurus, pingin sehat; pingin ini dan itu.
Disini kita membahas tentang manfaat puasa bagi kesehatan hanya untuk diketahui saja bukan dijadikan tujuan.
Adapun manfaat puasa bagi kesehatan tubuh antara lain;
    • Puasa akan mengurangi berat badan (Gemuk) jika dilakukan dengan sebaik baiknya yaitu ketika sahur maupun berbuka tidak makan dengan berlebih-lebihan. Puasa bukanlah pindah jadwal makan, antara melakukan puasa dengan tidak puasa harusnya jumlah makanan atau porsi makanan yang kita makan harus berbeda. Jika sama maka puasa hanya pindah/ganti jadwal makan.
    • Dengan berpuasa kita dapat mencegah ataupun mengurangi tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit kantong empedu dan rematik (encok)
    • Puasa dapat menyehatkan jantung. sangat bermanfaat bagi penderita jantung karena dengan perut lapar kerja jantung lebih tenang dan stabil.
    • Berlapar lapar pada puasa dapat memberikan manfaat untuk mengurangi tekanan pada penderita urat syaraf, karena dengan berpuasa seseorang akan dilatih bahkan diharuskan untuk terbiasa bersikap sabar, menahan marah, pemaaf dan penyantun. 
Bagaimana jika ada seseorang berpuasa pada waktu sahur maupun berbuka minum suplemen sehingga pada waktu siang hari tidak merasakan lapar, Apakah orang tersebut dapat mengambil manfaat dan pelajaran dari puasa?
Pertanyaan tersebut tidak perlu diungkapkan jawabannya, karena terserah diri kita masing-masing untuk menyikapinya…

0 comments:

Post a Comment